EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA
Keywords:
Konseling Rasional Emotif, , xKecemasan Akademik,, Mahasiswa,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas konseling individu dan kelompok dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Keterampilan sosial merupakan aspek penting yang mendukung perkembangan psikososial remaja dan keberhasilan mereka dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 40 siswa SMP yang dibagi menjadi dua kelompok intervensi: konseling individu dan konseling kelompok. Instrumen penelitian berupa skala keterampilan sosial yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis konseling memberikan peningkatan keterampilan sosial yang signifikan pada siswa, namun konseling kelompok menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan konseling individu. Temuan ini menegaskan bahwa konseling kelompok dapat menjadi metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan konseling kelompok sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk mendukung perkembangan sosial emosional siswa.



All publications by the Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Nahdlatul Ulama Indramayu, Indonesia [e-ISSN: